Mengenai Saya

Foto saya
Berani, Disiplin,Profesional dan Suka Tantangan

Kamis, 27 Oktober 2011

Sejauh mana ide perdagangan bebas mampu menciptakan kesejahteraan bagi warga dunia?

Perdagangan bebas mampu menciptakan kesejahteraan ketika adanya investasi.dengan adanya investasi tersebut maka akan tercipta lapangan pekerjaaan yang tentunnya meningkatkan pendapatan masyarakat. kesempatan kerja yang luas memberikan kesempatan besar bagi masyarakat dalam dalam mendapatkan pekerjaan.kesempatan kerja yang luas dapat mengurangi tingkat penggangguran dan kemiskinan. Karena kita tahu bahwa kemiskinan dan penggangguran merupakan idikator dalam melihat pembangunan dalam sebuah negara, banyak negara didunia penggguran dan kemiskinan menjadi permasalahan utama. Dengan mengatasi penggangguran dan kemiskinan dengan investasi tentunya pasar bebas memberikan dampak yang positif bagi masyarakat. Kemudian dengan adanya investasi maka segala sumber potensi akan dikeola dengan baik .sumber daya alam yang dikelola akan meningkatkan pendapatan dalam sebuah negara yang dapat meningkatkan kesejahteraan dalam sebuah negara. Kita tahu bahwa Indonesia kaya akan sumber daya alam, begitu banyak  banyaknya potensi yang belum di kelola secara maksimal. Indonesia tidak mampu mengelola sumber daya alam karena kurangnya modal. Untuk itu  perlu adanya investasi untuk melakukan eksplorasi maupun eksploitasi yang tentu bisa meningkatkan kesejahtearaan. Misalnya dengan dalam pengelolaan sumber daya alam tersebut tentunya membutuhkan tenaga manusia, ini artinya pengelolaan tersebut membuka lapanga pekerjaan. Selain itu juga bisa kita lihat mamfaat dari pengelolaan sumber daya alam tersebut adalah mampu meningkatkan pendapatan nasional dalam sebuah negara.
1.      Setelah beberapa dekade perdagangan bebas berjalan, tetapi ketimpangan di berbagai belahan bumi semakin melebar, mengapa hal ini terjadi?
Hal tersebut terjadi karena pasar bebas memberikan peluang yang besar bagi negara-negara pemilik modal dan para kapitalis. Segala sesuatu yang berkaitan dengan mekanisme pasar diatur oleh pemilik kapital. Para kapital selalu berpendapat bahwa sistem ekonomi yang berlandasan perdagangan bebas akan mampu menyelesaikan permasalahan ekonomi tanpa adanya campur tangan negara.Awalnya pemikiran ini mampu membawa keejahteraan bagi perekonomian dunia.tetapi dengan pasar bebas tersebut hanya sebahagian kecil seja yang maju dan berkembang,yang kita lihat justru banyak negara-negara yang mengalami ketergantungan dengan negara lain. Banyak negara menjadi negara pengekspor,negara menjadi negara konsumtif,meningmati hal yang instan saja. Dengan pasar bebas pemilik modal banyak menguasai perekomian dalam sebuah negara. Sehingga yang terjadi adalah para pemilik modal semakin kaya raya sedangkan mereka yang tidak memiliki modal semakin miskin dan melarat. selain itu Dengan perdangan bebas  banyak kita lihat negara tidak mampu bersaing dalam hasil produksi sehingga tidak mampu memberikan inovasi yang positif dalam produksi sehingga yang terjadi adalah perusahaan-perusaahaan tersebut gulung-tikar dan para karyawannya menjadi penggangguran. Kemudian dengan berdangan bebas banyak berdiri bangunan –bangunan yang itu dimiliki oleh negara lain yang sifatnya sangat modern seperti yang kita lihat misalnya di yogyakarta berdiri mall sapir Square,Ambarukmo plaza. Dengan keberadaan mall tersebut sangat mematikan keberadaan pasar tradisional,sehingga banyak pasar tradisional yang tutup. Kalau kita perhatikan distribusi pendapatan dimall bisa diases oleh masyarakat golongan atas,tetapi masyarakat  bawah tidak mampu mengaksesnya sehingga yang terjadi adalah pemerataan hasil distribusi tidak bisa diakses oleh masyarakat miskin.

2.      Menolak globalisasi merupakan sebuah hal yang hampir mustahil, kebijakan publik seperti apa yang bisa diambil agar sebuah negara dapat memperoleh manfaat terbaik dari globalisasi?
 Kebijakan publik yang diambil oleh sebuah negara adalah dengan mengeluarkan regulasi Fiskal yang menguntungkan bagi negara dan tidak merugikan investasi. Misalnya regulasi pajak, penanaman modal asing. Dengan regulasi yang baik tentunya akan mendatangkan kesejahteraan. Misalnya saja dalam regulasi pajak,karena dalam sebuah negara ada kegiatan ekspor-impor yang tentunya banyak barang yang masuk dalam sebuah negara maupun yang keluar, dari hal tersebut tentunya memberikan mamfaat bagi negara yaitu menghasilkan devisa bagi negara, yang dapat meningkatkan pendapatan dalam sebuah negara. Kemudian contoh yang kedua adalah dengan mengeluarkan kebijakan penamanam modal asing. Kita tahu selama ini undang-undang penanamam modal yang berlaku diindonesia sangat menguntungkan investor dan merugikan bagi negara yang dieksploitasi, justru itu regulasi yang dibuat nantinya menguntungkan bagi negara.selain itu juga dengan membatasi ekspor luar negeri,karena kita tahu bahwa impor luar negeri sangat sangat menguntungkan negara pengimpor,dan dengan  adanya kegiatan impor tersebut biasanya barang-barang lokal tidak mampu bersaing dengan produk impor.dan dari pasar bebas tersebut banyak kita lihat produksi impor tersebebar dimana-mana baik dipasar, supermarket,maupun dienteran-enteran jalan. Kita tahu banwa harga produk impor tersebut biasanya sangat murah, dibandingkan dengan produk lokal sehingga yang terjadi adalah produk lokal tidak diminati masyarakat dan bahkan diabaikan dengan masyarakat. Masyarakat lebih senang mengkomsumsi barang impor ketimbang barang lokal,karena disamping harganya murah, kualitasnya juga sangat baik, tidak jauh dengan beda dengan kualitas barang lokal, sehingga yang terjadi adalah barang lokal tidak memiliki harga jual dipasaran dan tidak mampu bersaing dengan produk impor. Maka untuk itu untuk perlu ada kebijakan negara yang mengatur jumlah  produksi impor dan perlu ada proteksi negara dengn produk lokal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar