Mengenai Saya

Foto saya
Berani, Disiplin,Profesional dan Suka Tantangan

Sabtu, 29 Oktober 2011

Melepaskan Kegalauan Dengan Menulis


            Mungkin istilah “GALAU” itu masih sangat asing untuk dikenal dalam keseharian.. Banyak orang yang lebih suka memakai kata yang lebih ngetren dan bahasa yang lebih di sukai, lagi bĂȘte misalnya, kesepian, atapun kesunyian,,,sebenarnya sih memiliki makna tidak jauh berbeda,,,amat,,,hanya beda-beda tipis ajha,,,hehehehe. Tapi kalau aku sih lebih suka kata “ “galau”…entah kenapa aku lebih suka itu ketika diucapkan. Tapi yang paling aku sukai itu ketika aku tidak bisa tidur,,,,,aku paling senang memakai kata “ GALAU,,,ho.ho.ho.ho.
            Kawan-kawan asramaku juga asyik memakai kata itu. Lalu aku berpikir sejenak, Ketika aku jenuh aku kesepian, aku ingin melepaskan kesepianku,

Jogjakarta Kembali Berduka Cita


Jogjakarta merupakan salah satu Propinsi yang ada di Indonesia, yang cukup aman, tentram dan Damai, daerah  yang lebih dikenal dengan Slogan “Jogjakarta Berhati Nyaman”. Tidak heran kalau frekuensi harapan bertahan hidup lebih lama dibandingkngkan dengan Kota besar lainnya, Sehingga banyak warga diluar kota jogjakarta seperti Jakarta, Bandung dll, memilih Jogjakarta untuk menghabiskan masa Tuanya. Jakarta misalnya frekuensi harapan untuk hidup lebih kecil dimana hal itu sebabkan  psikologi manusia yang sangat lemah,  banyak persoalan yang dihadapi misalnya Stress, persoalan social, ekonomi, politik dan lain lain sebagainya.
Jogjakarta terkenal sebagai Kota Pendidikan dan Kota Parawisata.. Sebagai kota pendidikan, yang terdiri dari kurang lebih 200 perguruan tinggi, dengan tersedianya berbagai fasilitas penunjang pendidikan, dan sarana dan prasarana lainnya.  Dari hal itu, warga  indonesia dari Sabang Sampai Merauke lebih memilih  Jogjakarta sebagai tempat melanjutkan studynya yang tersebar di berbagai perguruan tinggi. Sebagai kota parawisata, Jogjakarta memiliki tempat-tempat yang lebih menarik dan mampu mendatangkan para wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Misalnya

Media Kendari Pos Tidak Ilmiah Dan Memutar Balikan Fakta

KENDARINEWS - Kendari, Semburan awan panas dan hujan abu Merapi telah membawa dampak langsung para pelajar dan mahasiswa asal Sultra di Jogjakarta. Letusan Merapi pukul 00.30 WIB dua malam lalu menjadikan ratusan mahasiswa Sultra yang tinggal di sektiar JL Kaliurang, Condong Catur hingga Maguwo panik. Wisma Haluoleo (Asrama Mahasiswa Sultra), di JL Beo, Demangan, Sleman dikabarkan sudah tertutup debu setebal 2 cm. Salah seorang mahasiswa asal Sultra, La Ode Yogi Ambarasaksi melaporkan, sebelum letusan merapi dua malam lalu, para mahasiswa Jogja masih merasa aman walau tetap dalam kewaspadaan tinggi jika sewaktu-waktu letusan Merapi sampai di pusat kota Jogjakarta.
Menurut Yogy, sebagian mahasiswa memilih bertahan di Wisma Haluoleo, walaupun di tempat ini juga bukan lagi menjadi tempat yang aman karena

Memahami C.I.N.T.A Versi La Ode Wahiyuddin

Jangan Perna Menyerah Kecuali Di Hadapannya ( HMI MPO )”
“ Bisa mendekati api, tapi jangan terbawa  panas, bisa panas asal jangan terbakar,
                                                               bisa terbakar asal jangan hangus ( Alm La Ode Naana ) ”

CINTA adalah sesuatu yang tidak asing lagi bagi setiap manusia, bahkan melekat dalam jiwa manusia dan sesuatu hal yang selalu dialami oleh manusia. Mulai dari kecil, orang sudah mulai mengenal cinta dan cinta itu biasanya dinamakan cinta monyet.  cinta yang dimaksud dalam tulisan ini adalah cinta antar lawan jenis.
Dengan kondisi zaman modern sekarang ini, pengaruh globalisasi cukup kuat. dizaman globalisasi peran media sangat besar, media mampu mempengaruhi/pembentuk jiwa dan perilaku manusia. Misalnya media elektronik, ketika menonton TV, yang berkaitan dengan “CINTA” tentunya manusia akan terobsebsi dengan film tersebut. Dalam Film Romeo dan Juliat contohnya diperlihatkan bagaimana seorang jatuh cinta, kasmaran, berciuman antar lawan jenis yang katanya

Jumat, 28 Oktober 2011

Pemilihan Kepala Daerah Secara Langsung DI Indonesia (Analisis Isi UU Nomor 32 Tahun 2004 )


A.  Latar Belakang
Ide pemilihan kepala daerah secara langsung muncul kerena kebijakan desentralisasi luas yang dicanankan melalui Undang-Undang nomor 22 tahun 1999 yang semestinya ditujukan untuk memperbaiki iklim demokrasi, dinilai belum cukup member peluang bagi berkembangnya partisipasi masyarakat terhadap proses kebijakan public daerah. Pelaksanaan UU No 22 tahun 1999 tersebut banyak ditafsirkan secara sempit oleh para penyelenggara pemerintahan di daerah bahwa otonomi ada di tangan pemerintah daerah bukan pada rakyat di daerah. Akibatnya, muncul gagasan tentang perlunya pemilu dan parpol local sebagai instrument demokrasi yang memang sama sekali tidak di atur dalam UU otonomi 22/1999 tersebut.

Kewirausahaan di sektor Publik dan Kewirausahaan di sektor swasta.


Kewirausahaan adalah suatu cara berpikir atau jiwa, sikap, dan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. Kewirausahaan dapat diukur melalui kreativitas dan inovasi. Kreatifitas adalah memikirkan sesuatu hal yang baru sedangkan inovasi adalah membuat sesuatu yang baru.  Dengan kata lain inovasi diibaratkan menjadi bahan bakar, sementara kewirausahaan adalah mesin.[1]
Istilah pemerintahan wirausaha, kata ini diciptakan oleh ahli ekonomi berkebangsaan prancis, J.B Say, sekitar tahun 1800.wirausaha, tulis Say, memindahkan berbagai sumber ekonomi dari suatu wilayah dengan produktivitas rendah kewilayah dengan produktivitas lebih tinggi dan hasil yang lebih besar. Dengan kata lain, seseorang wirausahawan menggunakan sumber daya dengan cara baru untuk memaksimalkan produktivitas dan

Analisis Kebijakan Pupuk Bersubsidi Di Sulawesi Tenggara


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
            Subsidi pupuk juga menjadi elemen yang begitu penting bagi produksi petani. Semakin bagus pupuk yang digunakan, maka hasil pertanian yang diperoleh akan semakin bagus. Masalahnya pupuk yang bagus tidak dapat diperoleh dengan harga yang murah. Itulah sebabnya pemerintah harus memberikan subsidi kepada pupuk. Anggaran pupuk yang dianggarkan pemerintah untuk standar yang sekarang sudah berada pada tahap yang memuaskan.[1] Dengan adanya subsidi pupuk, tentunya harga pupuk dipasar akan ditekan dan masyarakat bisa membeli pupuk dengan harga yang murah.
            Pemerintah mulai memberikan subsidi harga pupuk sejak tahun 1971

Pelaksanaan Otonomi Di Tingkat Desa


A.  Pendahuluan        
          Dengan berlakunya UU 32 tahun 2004 tentang pemerintah daerah, daerah  memiliki kewenangan untuk mengurus dan mengelola daerahnya sendiri, tampa adanya campur tangan dari pemerintah pusat. Kewenangan yang dimiliki oleh daerah baik dalam penyelenggaraaan pemerintahan, pembangunan dan lain lain dalam mewujudkan kesejahteraan rakyat. Dengan adanya kebijakan otonomi daerah termuat suatu kebijakan otonomi desa. Dengan begitu maka desa bukan lagi menjadi bawahan dari kecamatan maupun kelurahan. Dalam Undang-undang tersebut mengakui adanya otonomi  desa

Perimbangan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Daerah


Pembangunan daerah sebagai bagian dari integral dari pembangunan nasional dilaksanakan berdasarkan prinsip otonomi daerah dan pengaturan sumber daya nasional memberikan kesempatan bagi peningkatan demokrasi dan kinerja daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat munuju masyarakat madani yang bebas korupsi, kolusi dan nepotisme. Penyelenggaraan pemerintahan daerah sebagai sub sistem pemerintahan Negara dimaksudkan untuk meningkatkan daya guna dan hasil guna penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan masyarakat. Sebagai daerah otonom, daerah mempunyai kewenangan dan tanggung jawab menyelenggarakan kepentingan masyarakat berdasarkan prinsip-prinsip keterbukaan, partisipasi masyarakat dan pertanggung jawaban kepada masyarakat.

Konflik Pemilihan Kepala Daerah Secara Langsung Di Di Indonesia


Kemunculan UU nomor 32 tahun 2004 sebagai pengganti UU nomor 22 tahun 1999 tentang pemerintahan daerah yang sekaligus menandakan lahirnya pilkada langsung diberbagai daerah diIndonesia diharapkan mampu membawa perubahan bagi bangsa ini didalam merajut agenda reformasi yang lebih demokratis. Pilkada langsung yang kemudian dilaksanakan pada 1 juni 2005 ( amirudin dan bisri, 2006 : 6 ) merupakan sebuah implementasi kebijakan pemerintah pusat serta merupakan proses demokrasi masyarakat di tingkat local. Hal baru ini tentunya tidak ditemukan oleh masyarakat pada masa orde baru sebelumnya. Jadi sekarang ini, Kepala Daerah tidak lagi ditentukan dan diangkat oleh pemerintah pusat bahkan dipilih oleh anggota DPRD disetiap daerah, mainkan dipilih langsung oleh masyarakat setempat, sehingga proses demokrasi yang berjalan dinegara ini dapat dilakukan secara menyeluruh

Dinamika Hubungan Legislatif Dan Eksekutif Di Tingkat Lokal Di Tinjau dari UU Nomor 5/1974, UU/1999 Dan UU Nomor 32/2004


Pasang surut dinamika hubugan antara legislative dengan eksekutif selalu terjadi seiring dengan perubahan perundangan tentang pemerintahan daerah. Pola hubungan legislative dan eksekutif Nampak jelas dari Undang-Undang Nomor 5/1974 tentang pokok-pokok pemerintahan daerah, kemudian digantikan dengan Undang-Undang Nomor 22/1999 tentang pemerintahan daerah, dan akhirnya disusul lahirnya Undang-Undang Nomor 32/2004 tentang pemerintahan daerah. Pada masa Orde baru,

Pelayanan Di Kantor Kelurahan Muja Muju Kec. Umbulharjo Kota Yogyakarta

KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr.Wb

Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah Subhana Wata’ala yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas mata kuliah  dengan judul Pelayanan Di Kantor Kelurahan Muja Muju Kec Umbulharjo Kota Yogyakarta . Tak lupa pula shalawat dan salam penulis tujukan kepada Nabi besar Muhammad SAW yang telah berjuang membawa umat manusia kepada fitrah yang benar dan jalan yang lurus.

KEKERABATAN DAN PEMILU LEGISLATIF 2009 DI TINGKAT LOKAL (Sebuah Penelitian Deskriptif eksploratif Tentang Ketokohan Bangsawan Muna Dalam Memenangkan Kursi Legislatif Di Kab Muna Sulawesi Tenggara)

MOTTO
  •  Jangan Perna Menyerah Kecuali di Hadapan-Nya (HMI- MPO)
  • Sungguh, manusia berada dalam kerugian,kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasehati untuk kebenaran dan saling menasehati untuk kesabaran.QS. Surat Al-Ashr )
  • “Sesungguhnya Allah tidak mengubah apa yang ada pada suatu kaum sampai mereka sendiri mengubah yang ada pada diri mereka; dan bila Allah menghendaki keburukan atas suatu kaum maka tidak ada daya menolak, dan tidak ada pada mereka pelindung ( selaian Allah )"( QS. Ar-Ra’d ( 13 ) : 11 )
  •  Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar ( QS. Al-Baqarah )
  • All Good Things, Must Come To And End (Frederich Engels)
  PERSEMBAHAN
Kepada Allah SWT yang telah memberikan Rahmat dan Hidayahnya Kepada Kita Semua.Maha Suci Allah yang telah memberikan begitu banyak nikmat sepanjang hidup manusia.
Kepada Kepada Kedua orang tuaku, Ibunda Wa Ode Nur’Ain yang telah memberikan dukungan moril dan spiritual, yang telah berjuang keras untuk meyekolahkan diri kami, kepada Alm Ayahanda La Ode Ba’ano yang telah memberikan nasehat hidup yang sangat berarti, terima kasih banyak yang setinggi-tingginya dan maafkan anakda jika jika selama ini banyak berbuat Dosa kepada Ibunda dan Ayahanda.

SINOPSIS


Skripsi ini berjudul Kekerabatan Dan Pemilu Legislatif 2009 Di Tingkat Lokal tentang Ketokohan Bangsawan Muna Dalam Memenangkan Kursi Legislatif Di Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara.  Dalam konteks kontestasi politik di kabupaten Muna bahwa kekuatan partai politik dalam penguasaan suara tidak seluruhnya dibangun oleh kekuatan ideology ataupun pendekatan rasional, seperti program kerja yang ditawarkan, tetapi pilihan masyarakat masih ditentukan oleh kekuatan sosok/ ketokohan yang menjadi referensi, baik sosial maupun ekonomi di kabupaten muna dalam memilih calon legislatif. Kekuatan figur menjadi ciri dari politik diKabupaten Muna jika dibandingkan dengan daerah lain. Kekuatan figur politik telah mampu bersaing dengan sejumlah partai politik besar berskala nasional. Figur calon anggota legislatif menjadi penarik utama dalam perhelatan Pemilu 2009. Berdasarkan uraian tersebut, penulis membuat rumusan masalah sebagai berikut : Bagaimana  Peranan Bangsawan Muna Dalam Memenangkan Pemilu Legislatif 2009 di Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara” ?
Dalam penelitian ini penulis akan mencoba menggali/mengeksplorasi kekerabatan  bangsawan Muna dalam memenangkan pemilu legislatif 2009 ditingkat lokal, Dengan menggunakan metodologi penelitian eksploratif. Adapun obyek penelitian  bangsawan Muna dalam berpolitik

Kamis, 27 Oktober 2011

Content Analysis


1.    a. Apa defenisi content Analysis?
Analisis isi (Content analysis) mempunyai beberapa pengertian adalah sebagai berikut :
1.    Analisis isi merupakan teknik penelitian untuk mendeskripsikan secara kuantitatif, objektif dan sistematik dari isi komunikasi. (Barelson, 1954)
2.    Analisis isi adalah suatu teknik penelitian untuk membuat perujukan pengenalan karakteristik tertentu didalam teks secara sitematik dan objektif. (Stone, et.al, 1966)
3.    Pada uraian tertentu kita mengusulkan penggunaan istilah ‘content analysis’ dan ‘coding’ secara bergantian guna menunjukkan deskrepsi kuantitatif, sistematik dan objektif dari suatu prilaku simbolik. (Cartwrigt, 1953)

Resensi Film Laskar Pelangi



Sinopsis

Film ini mengisahkan ditahun 1970-an, Didesa Gantong, Belitung tentang masyarakat Pinggiran, tentang perjuangan  hidup anak dalam menggapai mimpi dan semangat mewujudkan cita-cita serta indahnya persahabatan.
Dalam film ini dibintangi oleh cut mini, ikra Negara, Slamet Raharjo, Tora Sudiro.
Dikisahkan Pak harfan ( Ikra Negara ) dan Ibu Muslima ( cut Mini )  mengabdi tampa Pamri pada Dunia pendidikan. Mereka bahu membahu mengajar di sebuah sekolah Sederhana dengan jumlah muridnya 10 orang yang dinamakan “ Laskar Pelangi “. Ikal ( Zulfani ), Lintang ( Ferdian ), Mahar ( Venis Yamarno ) dengan Bakat dan kecerdasan masing-masing. Dengan berjuang untuk terus bisa sekolah dan menunjukan semangat tinggi. Dengan kepintaran yang mereka miliki sehingga semakin giat dan tekun untuk terus bisa bersekolah.

PENATAAN SEKTOR INFORMAL DI WILAYAH KOTA YOGYAKARTA ( STUDY KASUS PASAR KLITHIKAN DI KOTA YOGYAKARTA )



KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr.Wb

Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah Subhana Wata’ala yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Penulisan Laporan Paper yang berjudul PENATAAN SEKTOR INFORMAL DI WILAYAH KOTA YOGYAKARTA (STUDY KASUS PASAR KLITHIKAN PAKUNCEN DI KOTA YOGYAKARTA)”. Tak lupa pula shalawat dan salam penulis tujukan kepada Nabi besar Muhammad SAW yang telah berjuang membawa umat manusia kepada fitrah yang benar dan jalan yang lurus.

Reformasi Birokrasi Di Indonesia ( Study Kasus Reformasi Birokrasi Di Kejaksaan Agung


A. Pendahuluan
     Reformasi adalah sebuah perubahan yang mendasar untuk membagun sebuah tatanan baru yang lebih baik dari pada sebelumnya. Reformasi ini dinilai mencakup empat hal pokok. Pertama, visi organisasi, yaitu arah yang dituju oleh organisasi di masa depan.Kedua,misi organisasi, atau raison d’etre alias keberadaan, dari organisasi.ketiga, yang menyangkut ancaman pilihan untuk melakukan reformasi dirung-ruang lingkup yang lain. Disini reformasi mencakup pembenahan ulang manajemen organisasi

Analisis Korang kompas tanggal 28 januari 2010 halamaman 7 tentang “ Birokrasi Presiden yang tambun ( Miftah Toha Guru Besar MAP UGM ) adalah sebagai berikut :


Lembaga birokrasi presiden yang tambun ( besar ) membuat kinerja birokrasi  tidak mampu bekerja secara efektif . Ketidak jelasan jabatan-jabatan dan tugas yang saling tumpah tinggi merupakan gambaran birokrasi yang besar dan bekerja acak-acakan. Tidak heran lagi klu birokrasi banyak yang tidak jelas. Antara jabatan yang satu dengan jabatan yang lain saling tumpah dalam domain kerja sehingga banyak jabatan-jabatan yang ngganggur ( tidak bekerja ). Dan tidak ada pembagian struktur jabatan secara hirarkis misalnya saja jabatan wakil mentri esilon I

Analisis Buku Perspektif Perilaku Birokrasi Sub Judul Percakapan Imajiner dengan Max Weber adalah sebagai berikut :


Konsepsi yang di kemukakan oleh max weber mengenai model “ ideal type “ dari tata hubungan organisasi yang rasional.
Yang menjadi pertanyaan bagaimana dengan konsep Max weber ketika di terapkan di Indonesia? Salah satu kutipan Konsep birokrasi Max Weber adalah hubungan kerja diantara orang-orang dalam organisasi didasarkan atas prinsip impersonal hal ini sangat bertentangan dengan yang terjadi di Indonesia yang lebih mengedepankan personalitas.hubungan personalitas dalam birokrasi diindonesia sangat dibutuhkan, dengan hubungan itu akan tercipta hubungan emosional yang lebih kuat,terbangun hubungan kekeluragaan dan gotong royong. Tetapi kita tahu juga dengan hubungan personalitas tersebut kadangkala membuat organisasi menjadi stagnan, biasanya hubungan kekelurgaan,

Dari analisis yang telah dilakukan, kebijakan publik yang diambil masih terus mengalami kegagalan demi kegagalan sehingga berdampak pada ketidakmerataan dan kemiskinan bagi sebagian besar warga dunia. Mengapa keadaan ini terjadi dan solusi apa yang harus diambil agar ilmu ekonomi lebih berdaya guna untuk meningkatkan kesejahteraan.?


hal tersebut tejadi karena kebanyakan kebijakan yang diambil oleh negara lebih berorentasi kepada pasar dan para pemilik modal.ketika kebijakan yang diambil berorentasi pada pasar maka yang terjadi adalah bagaimana dengan kebijakan tersebut membawa Profit( keuntungan ) bagi pemilik modal, bagaimana bisa mengusai pasar dengan regulasi-regulasi yang lebih menguntungkan para pebisnis, tampa melihat implikasi yang di timbulkan dari kegiatan tersebut. Dan kita tahu juga bahwa kebijakan yang dibuat oleh suatu negara itu sangat dipengaruhi oleh perilaku pembuat kebijakan dalam hal ini etika. Karena  kebanyakan

Sejauh mana ide perdagangan bebas mampu menciptakan kesejahteraan bagi warga dunia?

mengapa pendapatan nasional, pengangguran dan inflasi cukup memadai untuk menjadi indikator bagi sebuah proses pembangunan ?


  1.  hal itu semua masuk dalam ekonomi makro yang membahas perekonomian secara keseluruhan, dimana tujuan ekonomi secara makro adalah tingkat output pendapatan nasional itu merupakan alat yang mengukur bagi tinggi rendahnya tingkat hidup atau kemakmurannya suatu bangsa. Secara kwantitatif, tingkat hidup suatu masyarakat  itu di tentukan ole total serta pertumbuhannya, jelas semakin banyak output atau barang-barang dan jasa yang di produksi maka semakin tinggi tingkat kemakmuran negara atau masyarakat tersebut. Output total diukur dengan besarnya PDB ( produk Domestik bruto).PDB merupakan nilai pasar seluruh barang-barang dan jasa-jasa yang diproduksi oleh suatu negara pada suatu periode waktu tertentu biasanya satu tahun.kemudian mencapai kesempatan kerja penuh atau menghilangkan penggangguran. Tujuannya adalah menciptakan kesempatan kerja hingga dapat menghilankan atau mengurangi pengangguran baik di sektor formal maupun informal. Tujuan ini berhubungan erat dengan tingkat atau besarnya PDB real serta dengan tingkat teknologi yang digunakan. Semakin besar PDB riel maka semakin besar kesempatan kerja yang berarti semakin kecil tingkat pengangguran sementara teknologi yang digunakan sama. Sementara itu pada tingkat PDB riel yang sama, tingkat pengangguran akan lebih besar bila digunakan teknologi lebih padat modal dan begitu sebaliknya. Selanjutnya harga-harga dan inflasi. Tujuan ini berupa stabilitas harga dengan sedikit mungkin campur tangan penetapan harga secara langsung oleh pemerintah. Seperti di ketahui campur tangan ini menyebabkan penyimpangan dari alokasi sumber-sumber secara efisien, dan lain lain sebagainya.

Keberadaan eksternalitas dan barang publik membuat pasar tidak mampu melakukan fungsi produksi dan fungsi alokasi secara efisien?


Keberadaan eksternalitas pembuat pasar tidak mampu melakukan fungsi produksi dan alokasi secara efisien karena kita harus tahu bahwa dalam ada dua jenis eksternalitas yaitu technical externalities dan pecuaniary axternalities. Technical externalities yaitu tindakan seseorang dalam konsumsi atau produksi akan mempengaruhi tindakan konsumsi atau produksi yang lain tampa konpensasinya.pecuniary externalities menyangkut harga dalam perekonomian, yaitu dengan mempengaruhi kendala anggaran. Dalam hal ini eksternalitas produksi yang negatif, biaya pribadi yaitu biaya yang dihitung oleh pabrik untuk membayar semua faktor produksi yang digunakan menjadi terlalu kecil karena tidak memperhitungkan kerugian masyarakat,akibatnya barang yang dihasilkan oleh pabrik tersebut cenderung menjadi lebih banyak. Eksternalitas ini tidak menyebabkan harga-harga yang dtetapkan pengusaha tidak mencerminkan kelangkaan faktor produksi.dalam hal ini pabrik yang menimbulkan polusi sungai, karena kalkulasi harga hasil produksi tersebuut tidak memperhitungkan eksternalitas yang diterima oleh penduduk yang menggunakan air, maka biaya untuk pabrik menjadi lebih kecil dari pada biaya masyarakat, sehingga produksi pabrik menjadi lebih besar.

Pasar persaingan tidak sempurna tidak mampu melakukan efisiensi produksi dan efisiensi alokasi?


Pasar persaingan tidak sempurna tidak mampu melakukan fungsi alokasi produksi dan efesiensi alokasi karena  pasar persaingan tidak sempurna tidak memberikan efisiensi pada perekonomian. Misalnya saja dalam pasar monopoli harga dalam monopoli lebih tinggi, volume produksi lebih kecil dari volume output yang optimum, yaitu volume produksi perusahaan monopoli lebih rendah dari volume output yang dihasilkan dengan averege cost yang minimum. Dan perusahaan monopoli memamfaatkan secara penuh adanya economies of scale. Dari segi masyarakat ini adalah suatu pemborosan. Ada unsur eksploitasi oleh perusahaan-perusahaan monopoli terhadap konsumen, dengan ditetapkannya harga jual (= P ) diatas ongkos produksi dari unit terakhir outputnya ( = MC ), dan pemilik faktor-faktor produksi yang digunakan, produsen monopoli tersebut dengan di bayarnya faktor produksi dengan dibayarnya faktor produksi dengan harga (= MC )yang lebih rendah dari nilai pasar dari output yang dihasilkan ( =P )misalnya bagi pemilik faktor produksi tenaga kerja, yaitu buruh, dibayarkan upah yang lebih rendah dari pada sumbangan ( dalam bentuk output )dari tenaga kerja tersebut bila dinilai dengan harga pasar yang berlaku bagi output. Monopoli menimbulkan akibat buruk keatas distribusi pendapatan , yaitu monopoli menyebabkan distribusi pendapatan menjadi lebih tidak merata.

Sejauh mana dan mengapa pasar mampu melakukan fungsi alokasi dan distribusi secara efisien ?


Pasar  mamapu melakukan fungsi alokasi dan distribusi secara efisien dengan melihat perilaku produsen dimana  produsen lebih meminimumkan ongkos produksi dengan memperhatikan besarnya pembayaran kepada faktor produksi  tambahan yang akan di gunakan dan besarnya pertambahan hasil penjualan yang di wujudkan oleh faktor yang di tambah tersebut. Untuk meminimumkan ongkos tersebut  prinsip yang harus di pegang produsen adalah mengambil unit tambahan faktor produksi  yang ongkos per rupiah akan menghasilkan tambahan nilai penjualan yang paling maksimum. Produsen selalu berusaha mencapai keuntungan yang maksimum. untuk memaksimumkan keuntungan produsen akan berusaha menekan upah buruh yang serendah-rendahnya dan mematok harga jual yang setinggi tingginya
dan hal tersebut perlu adanya campur tangan dari pemerintah didalam penentuan produksi dan harga. Campur tangan tersebut tersebut di lakukan dengan membatasi ( menentukan kuota )tingkat produksi yang dapat di lakukan setiap produsen, melakukan pembelian-pembelian barang yang ingin distabilkan harganya dipasar, memberikan subsidi kepada produsen apabila harga pasar adalah lebih rendah dari pada harga yang dianggap sesuai oleh pemerintah.
Kemudian dengan melihat perilaku konsumen dapat di ketahui dengan menggunakan pendekatan Marginal utility bahwa semakin banyak sesuatu barang yang dikonsumsikan maka tambahan kepuasan yang diperoleh dari setiap satuan tambahan yang dikonsumsikan akan menurun dan konsumen selalu berusaha mencapai kepuasan total yang maksimum. Dimana kepuasan total maksimum konsumen dapat dilihat dari harga yang terjadi di pasar dan disesuaikan dengan penghasilan konsumen, yakni kenaikan income riil konsumen di cerminkan oleh sejumlah uang tertentu bila harga barang dianggap tetap biasanya menaikan permintaan konsumen. Dan perubahan harga barang lain mempunyai hubungan dekat dengan suatu barang bisa pula mempengaruhi permintaan akan barang tersebut.
Dari hal ini maka peranan pemerintah sebagai penentu kebijakan, agar kepuasan konsumen tetap terjaga dengan menetapkan harga barang konsumsi yang terjadi di pasar dengan regulasi fiskal yang lebih efisien yang dapat menyeimbangkan pihak produsen dan konsumen. Hal ini dapat dilakukan dengan menambah pengeluaran pemerintah dalam menyediakan barang-barang publik, subsidi, sumbambangan agar keseimbangan harga dipasar tetap terjaga. Selain itu, beban pajak yang dipungut di tanggung oleh pihak produsen dan konsumen.