Mengenai Saya

Foto saya
Berani, Disiplin,Profesional dan Suka Tantangan

Kamis, 27 Oktober 2011

Keberadaan eksternalitas dan barang publik membuat pasar tidak mampu melakukan fungsi produksi dan fungsi alokasi secara efisien?


Keberadaan eksternalitas pembuat pasar tidak mampu melakukan fungsi produksi dan alokasi secara efisien karena kita harus tahu bahwa dalam ada dua jenis eksternalitas yaitu technical externalities dan pecuaniary axternalities. Technical externalities yaitu tindakan seseorang dalam konsumsi atau produksi akan mempengaruhi tindakan konsumsi atau produksi yang lain tampa konpensasinya.pecuniary externalities menyangkut harga dalam perekonomian, yaitu dengan mempengaruhi kendala anggaran. Dalam hal ini eksternalitas produksi yang negatif, biaya pribadi yaitu biaya yang dihitung oleh pabrik untuk membayar semua faktor produksi yang digunakan menjadi terlalu kecil karena tidak memperhitungkan kerugian masyarakat,akibatnya barang yang dihasilkan oleh pabrik tersebut cenderung menjadi lebih banyak. Eksternalitas ini tidak menyebabkan harga-harga yang dtetapkan pengusaha tidak mencerminkan kelangkaan faktor produksi.dalam hal ini pabrik yang menimbulkan polusi sungai, karena kalkulasi harga hasil produksi tersebuut tidak memperhitungkan eksternalitas yang diterima oleh penduduk yang menggunakan air, maka biaya untuk pabrik menjadi lebih kecil dari pada biaya masyarakat, sehingga produksi pabrik menjadi lebih besar.
 Selain itu juga bahwa harga tidak mencerminkan dengan tepat akan kelangkaan faktor produksi. Dalam hal ini eksterlitas yang negatif biaya produksi yang di hitung oleh pengusaha lebih kecil  di bandingkan dengan biaya yang diderita oleh masyarakat atau biaya sosial. Harga pasar tidak secara tepat mencerminkan mamfaat/ biaya sosial marginal barang yang diperdagangankan. Dalam hal ini eksternalitas yang sifatnya positif biaya produksi yang lebih besar dari pada biaya sosial, sehingga barang yang dihasilkan adalah lebih sedikit dari jumlah oleh masyarakat dianggab efisien. Dengan adanya eksternalitas mucul situasi penyimpangan di dalam biaya dan mamfaat marginal dari biaya atau mamfaat sosial marginal artinya produsen maupun konsumen tak peduli apakah yang dia produksikan atau yang dia konsumsikan itu bermamfaat atau merugikan yang lain.
Kemudian barang publik membuat pasar tidak mampu melaksanakan fungsi produksi dan alokasi secara efisien, barang publik ini merupakan konsumsi umum yang dicirikan oleh penawaran gabungan (joint supply) dan tidak bersaing dalam mengkonsumsinya (non-rivalry in consumption). Kedua adalah tidak ekslusif (non-exclusive) dalam pengertian bahwa penawaran tidak hanya diperuntukan untuk seseorang dan mengabaikan yang lainnya.barang publik tidak diperjual belikan sehingga tidak memiliki harga, barang publik dimanfaatkan berlebihan dan tidak mempunyai insentif untuk melestarikannya. Masyarakat atau konsumen cendrung acuh tak acuh untuk menentukan harga sesungguhnya dari barang publik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar